Skip to main content

Pengertian Website & Blog Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya

Selamat pagi sob, kali ini Masfavo akan membahas yang namanya Website..Apa sih website itu? Yuk langsung simak saja artikel yang Masfavo.com buat. Semakin majunya internet di Indonesia, semakin banyak pula yang mengenal website. Website adalah sebuah situs yang muncul dan teman-temen kunjungi di internet.

Contoh kasarnya sih seperti ini jika teman-teman sering buka Google lalu sering buka sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram atau mungkin suka belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee. Ketika Teman-teman membuka layanan-layanan tersebut pada perangkat desktop atau mobile, yang Teman-teman buka adalah sebuah Website.

Pengertian Website & Blog Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya

Meskipun sudah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Teman-teman yang belum mengetahui apa itu pengertian website. Melalui artikel ini Masfavo akan membahas mengenai pengertian website secara lengkap beserta sejarah, jenis-jenis, manfaat dan cara membuat website.

Mari mulai belajar mengenai seluk beluk website, dimulai dari apa itu website.

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah kumpulan halaman / informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (homepage) menggunakan sebuah browser dan terdiri dari URL melalui jaringan Internet.

Setiap orang dapat menggunakannya selama terhubung secara langsung dengan jaringan internet. Secara teknis, website adalah kumpulan dari halaman, yang tergabung ke dalam suatu domain / subdomain tertentu. Sebuah website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen penting yaitu Domain dan Hosting.

Pengertian Website Menurut Para Ahli :

  • Website merupakan fasilitas di internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Artikel pada web bisa dikatakan halaman , lalu tautan dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hypertext), baik diantara halaman yang disimpan dalam server yang sama maupun server berbeda. Pages dapat diakses dan dibaca lewat browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya (Hakim Lukmanul, 2004).
  • Website adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan dokumennya saling terkait satu sama lain. Website terdiri dari halaman, dan kumpulan halaman disebut homepage. Homepage berada pada posisi utama / atas, dengan halaman-halaman terkait yang berada di bawahnya. Setiap halaman selain homepage disebut child pages, yang berisi tautan ke halaman lain dalam web (Gregorius, 2000)
  • Website adalah cara untuk menyajikan informasi di internet, dapat berisi gambar, audio, teks atau video  interaktif dan memiliki kelebihan untuk menghubungkan tautan dokumen satu dengan yang lainnya, serta dapat diakses melalui sebuah browser (Yuhefizar, 1998)
Sebagai contoh, untuk alamat website / blog Masfavo[.]com adalah https://www.masfavo.com, jika diakses maka akan tampil halaman awal seperti gambar di bawah.

Sedangkan untuk halaman web merupakan bagian yang  diberi kotak berwarna merah.

Ketika diklik maka akan mengarah ke halaman baru berupa informasi yang berbeda dengan halaman awal.

Blog Masfavo.com

Apa Itu Blog?

Nah untuk Blog sendiri sebenarnya nggak jauh berbeda dengan website, Blog sendiri berasal dari kata Weblog yaitu gabungan dari kata Web dan Log, kata Web yang dimaksud adalah Halaman Web dan Log berarti catatan.

Pengertian Blog

Jadi, Blog adalah sebuah halaman website yang berisi catatan, tulisan, artikel, maupun informasi bermanfaat lainnya yang selalu diperbarui secara teratur.

Mengapa perlu membangun sebuah Blog?

Di dalam dunia digital marketing, Blog adalah salah satu cara Teman-teman mendatangkan prospek atau pengunjung. Melalui Blog Teman-teman bisa menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan atau relevan dengan produk yang Teman-teman miliki baik barang maupun jasa. Dengan menulis di dalam sebuah Blog Teman-teman juga bisa membangun branding perusahaan maupun personal Teman-teman.

Contohnya pada artikel yang saat ini sedang Teman-teman baca, ini sebenarnya merupakan salah satu artikel dari Blog yang dimiliki oleh Masfavo.

Apakah Teman-teman suka menulis, seorang pembicara / motivator, agen sales perusahaan, member MLM, jasa tour dan travel, dan sebagainya, Teman-teman dapat menggunakan Blog sebagai media untuk membangun branding sekaligus mendatangkan calon pelanggan baru.

Unsur-Unsur Website

Terdapat 3 unsur yang sangat penting pada sebuah website. Tanpa adanya semua unsur ini, website Teman-teman tidak akan berjalan maupun diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur tersebut yaitu:

  1. Domain. Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah brand / merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik dan pendek juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

  2. Hosting. Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua file dan data (baik berupa script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membuat suatu website. Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia bahkan Internasional salah satunya yang digunakan pada domain Masfavo.com adalah Namecheap yang menurut Masfavo memiliki kualitas bagus baik kecepatan dan supportnya dengan harga terjangkau. Kalian bisa daftar Domain dan Hosting kalian disini >> Daftar Domain Murah Namecheap $1/th pada Tahun Pertama

  3. Konten. Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten ini bisa berupa teks, video, gambar, bahkan animasi. Jika dilihat dari konten yang diberikan, terdapat beberapa macam website. Contohnya, sosial media, website berita, website jual beli, website forum atau website yang berisi konten yang menyajikan informasi minat, bakat serta hobi.

Jenis-jenis Website

Ada banyak sekali jenis dan macam website yang bisa Teman-teman temui, seperti:
  • Company Profile
  • Toko Online
  • Blog
  • Web Portal
  • Search Engine
  • Forum
  • Sosial Media
  • Katalog
  • dll

Dengan berkembangnya teknologi dan internet yang di mana penggunaan internet sudah digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, sehingga jenis-jenis website baru terus bermunculan seperti Media Sharing (Youtube, Facebook, Twitter), Cloud Storage (Google Drive, Dropbox), Web Application, dll.

Namun pada artikel kali ini kita akan fokus membahas 3 jenis website yang paling umum, yaitu Website Pribadi, Website Bisnis, dan Blog. Baiklah, mari kita bahas satu per satu.

Jenis-jenis Website
Berikut beberapa diantaranya:

1. Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Teman-teman gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk yang gratis, Teman-teman harus bersedia memiliki alamat website seperti www[.]namalayanan[.]com/usernameWebsite atau www[.]namawebsite.blogspot[.]com.

Alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan untuk Teman-teman yang ingin membuat web seperti company profile pribadi yang memiliki konten lengkap.

Selain itu, untuk alamat dari website Teman-teman akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu Masfavo menyarankan Teman-teman untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting yang berkualitas.

Sehingga Teman-teman dapat membuat website yang lebih profesional dengan alamat www[.]namawebsite[.]com.

2. Website Bisnis / Toko Online

Website Bisnis / Toko Online bisa disebut e-Commerce web adalah sebuah situs web yang menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online melalui internet. Walaupun tidak menutup kemungkinan proses pembayaran juga bisa dilakukan secara offline yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery) yaitu pembayaran dilakukan bersamaan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Sebelumnya tahukah Teman-teman toko online di Indonesia yang paling populer saat ini?
Pasti sudah tahu dong hehe.
Apakah Teman-teman ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini?
Jika iya, dengan menggunakan sebuah tool yang tepat Teman-teman bisa membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit, dan website toko online Teman-teman sudah dapat diakses melalui internet.

3. Blog

Blog biasanya ditulis dengan bahasa yang santai seperti punya Masfavo ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Untuk contoh blog adalah apa yang saat ini Teman-teman sedang baca, yaitu blog Masfavo.com.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi bermacam-macam informasi pengetahuan yang berhubungan dengan teknologi, android, gadget, bahkan pendidikan dsb.
Untuk artikel yang diterbitkan setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.
Jika Teman-teman ingin membuat blog, silakan ikuti tutorial cara membuat blog dengan langkah-langkah yang mudah dipahami untuk Teman-teman yang baru pertama membuatnya.

Fungsi & Manfaat Website

Website pasti memiliki banyak manfaat sampai saat ini. Teman-teman bisa mengakses media sosial menggunakan website. Belanja online juga menggunakan website. Ketika Teman-teman membutuhkan informasi penting, Teman-teman juga bisa mengaksesnya melalui website.

Fungsi & Manfaat Website

Jadi, jika kita ingin mengetahui fungsi website, dapat dibagi sesuai kategori jenisnya. Jenis website yang berbeda tentunya punya fungsi yang cukup berbeda juga. Apa saja sih? Berikut ini beberapa manfaat website yang penting untuk Teman-teman ketahui:

1. Membangun Personal Branding

Dimulai dari manfaat website untuk pribadi, yaitu website untuk personal branding atau web portofolio. Dengan website Teman-teman bisa membangun personal branding yang kuat dan terpercaya.

Teman-teman bisa membagikan hasil karya dan portfolio Teman-teman di website. Baik itu tulisan, foto, video, gambar, project, hingga musik. Teman-teman bisa membangun personal branding yang profesional menggunakan website.

2. Berbagi Cerita dan Informasi Bermanfaat

Ini merupakan fungsi utama dari website umumnya sebagai sarana informasi. Website bisa jadi suatu media untuk menyebarkan informasi-informasi ke publik. Idealnya, memang website dijadikan sarana edukasi akan berbagai topik yang ada. Contohnya, Teman-teman menemukan website berisi berita, tips, tutorial, pengumuman penting dll.

Selain sebagai sarana informasi juga dapat menjadi sarana cerita, sudah pernah baca cerita dari Blogger sekaligus Vlogger Raditya Dika? Atau mungkin Teman-teman pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler. Mereka merupakan contoh blogger yang sukses hanya bermodalkan cerita melalui website.

Teman-teman pun bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Teman-teman bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Dari traveling, parenting, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

3. Sarana Penghasil Uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Teman-teman bisa menjadi seorang blogger dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerjasama. Selain itu, Teman-teman juga bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Teman-teman juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Tugas Teman-teman sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website Teman-teman. Kemudian Teman-teman bisa mendapatkan komisi jika Teman-teman yang membeli melalui website Teman-teman.

Selain itu, terdapat cara lain untuk menghasilkan uang melalui website yaitu dengan membuat toko online. Teman-teman bisa menjual berbagai produk atau jasa di website toko online Teman-teman.

4. Media Untuk Hiburan

Menjadi media hiburan bagi publik juga termasuk ke dalam fungsi website. Misalnya ketika Teman-teman membaca majalah online, berita soal gaya hidup, atau ulasan film dan karya seni lainnya dari website-website yang ada. Untuk jenis konten, biasanya banyak berupa video, gambar terpisah, galeri foto, atau bahkan podcast.

Membuat Website Semakin Mudah dan Cepat !

Membuat website tidak sesulit yang Teman-teman bayangkan. Teman-teman tidak perlu menjadi seorang developer atau programmer untuk bisa membuat website. Kini Teman-teman bisa membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan WordPress. WordPress adalah platform pembuatan website yang memungkinkan Teman-teman membuat website dalam hitungan menit saja.
Dengan WordPress Teman-teman bisa membuat website berkualitas tinggi tanpa harus berurusan dengan coding. Cukup menginstall WordPress, membeli hosting dan domain, pilih tema kesukaan Teman-teman, install plugin penting, dan website sudah jadi.

Website = Kunci Sukses Berbisnis Online!

Seperti yang sudah disebutkan di atas, website memiliki banyak manfaat. Baik itu untuk kepentingan pribadi atau bisnis. Teman-teman bisa membuat website pribadi atau blog untuk membagikan cerita atau portfolio Teman-teman.

Jika Teman-teman ingin menghasilkan uang secara online, website adalah platform yang paling tepat. Teman-teman bisa membuat website untuk menjual produk atau jasa secara online.
Intinya, apa pun yang ingin Teman-teman raih secara online, website adalah solusinya. Jadi tunggu apa lagi? Mulai kesuksesan online Teman-teman dengan membuat website!

Mungkin cukup sekian yang dapat Masfavo ulas, semoga Artikel Pengertian Website & Blog Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Jangan lupa jika artikel ini bermanfaat share sebanyak banyaknya ya guys. Terimakasih

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar