Skip to main content

Tutorial Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word Lengkap Satuan Ukurannya

Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word Lengkap - Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi keluaran dari Microsoft. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang sangat berguna ini, Bahkan sekarang hampir semua golongan entah itu anak-anak, remaja dan dewasa pun harus belajar menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Microsoft Word sering digunakan untuk membuat skripsi, membuat naskah, membuat tugas-tugas yang melibatkan pengetikan pun juga menggunakan aplikasi ini begitu juga dengan Masfavo membuat artikel-artikelnya pun lewat Microsoft Word terlebih dahulu.

Tutorial Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word Lengkap Satuan Ukurannya

Di salah satu fitur Microsoft Word untuk semua versi tersedia yang namanya ruler atau penggaris. Bagi yang tidak tahu ruler, ruler itu berbentuk seperti penggaris yang fungsinya disini sebagai pengatur jarak paragraf, jarak kolom, jarak tab, maupun sebagai pembatas yang membantu pengguna pada saat melakukan pengeditan teks baik berupa dokumen, surat, artikel atau bahkan skripsi. Fitur ruler ini sangat penting sekali bagi yang sering menggunakannya untuk membuat tulisan atau naskah. Lalu kesimpulannya fungsi ruler pada aplikasi Microsoft Word supaya pengetikan tulisan teks yang dibuat menjadi lebih rapi dan sesuai yang diinginkan oleh pengguna. Namun pada pengaturan default di word fitur ruler ini sebenarnya belum diaktifkan, lalu bagaimanakah cara untuk menampilkan ruler pada Microsoft Word?

Baca juga : Tutorial Cara Membuat Tabel di Excel Mudah dan Cepat

Mungkin untuk sebagian orang yang sudah terbiasa tanpa menggunakan bantuan ruler atau penggaris pada lembar kerja Ms. Word tidak akan begitu masalah, tetapi bagaimana jika pengguna yang sudah sering memanfaatkan fitur ruler ini pada saat melakukan pengeditan tulisan di word? Tentu saja fitur ini menjadi sangat penting sekali untuk diaktifkan.

Apa jadinya jika fitur ruler ini menghilang? tentunya kalian tidak bisa menentukan jarak paragraf seperti membuat paragraf yang menjorok ke dalam dan membuat tulisannya bisa jadi tidak rapi. Apakah semua versi Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013, 2016, bahkan 2019 memiliki cara yang sama? Ya, caranya sama jadi tidak perlu khawatir untuk versi yang sedang kalian gunakan. Pada artikel ini masfavo akan membagikan beberapa langkah bagaimana cara menampilkan ruler di Word dan cara mengganti satuan ukuran penggaris atau ruler pada Microsoft Word. Maka dari itu, simak baik-baik tutorial berikut ini supaya kalian bisa mengembalikan ruler word yang hilang.

Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) di Microsoft Word


1. Cara Mengembalikan / Memunculkan Ruler pada Word yang Hilang

1. Buka aplikasi Microsoft Wordnya terlebih dahulu

Buka Microsoft Word

2. Setelah terbuka, Pilih menu bar View


Pilih menu bar View

3. Pada bagian ribbon tab Show, terdapat fitur ruler. Silahkan centang dengan mengklik kotak ruler

Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) di Microsoft Word

4. Setelah di checklist, ruler akan muncul di Microsoft Word kalian

2. Cara Menampilkan Ruler Khusus untuk Microsoft Word 2016

Ada cara lain untuk memunculkan fitur ruler, dan cara ini lebih mudah untuk dipraktekan khususnya bagi pengguna MS Word 2016
  1. Pada bagian menu bar, ada kotak search “Tell me what you want to do
  2. Ketikkan saja Ruler
  3. Lalu klik Show Ruler
  4. Maka ruler akan muncul dan bisa langsung kalian gunakan.

Cara Mengganti Ukuran Satuan pada Ruler (Penggaris) di Ms. Word

Saat kalian melihat ruler atau penggaris di Microsoft Word, ada hal yang mungkin kalian sadari yaitu jarak antara angka atau ukuran satuannya berbeda. Hal ini bukanlah sesuatu yang asing melainkan Microsoft Word biasanya menggunakan satuan Inch sebagai ukuran utama dalam sistemnya, namun pada umumnya di Indonesia lebih banyak yang menggunakan ukuran centimeter. Kalian tidak perlu khawatir karena tutorial kali ini dapat merubah ukuran satuan menjadi yang kita inginkan.

1. Langkah pertama tentu kalian harus membuka aplikasi Microsoft Word pada komputer.

2. Kemudian, silakan klik menu File pada Ribbon. Kalian akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih Options.

pilih Options

3. Kemudian kalian akan diarahkan pada tampilan window yang bernama Word Options. Pada tampilan ini silahkan kalian pilih menu Advanced pada tab sebelah kiri, jika sudah kalian scroll ke bawah pada bagian sebelah kanan terdapat bagian Display, lalu cari “Show Measurements in units of:”. Pada bagian ini bertujuan untuk merubah satuan ukuran pada Microsoft Word. Jika satuannya Inches, kalian dapat merubahnya dengan cara klik kotak tersebut dan kalian dapat memilih satuan ukuran yang kalian inginkan. Terdapat beberapa pilihan ukuran seperti centimeter, millimeter, points dan picas. Jika sudah klik OK.

Cara Mengganti Ukuran Satuan pada Ruler (Penggaris) di Ms. Word

4. Terakhir, kalian dapat melihat satuan ukuran di Microsoft Word pada penggaris atau Ruler kalian sudah berubah.

Mungkin cukup sekian beberapa tips dan langkah mengenai Tutorial Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word Lengkap Satuan Ukurannya yang dapat masfavo sampaikan, jika masih ada kendala jangan malu untuk bertanya di kolom komentar, jika ada waktu luang akan masfavo sempatkan untuk menjawab pertanyaan kalian sebisa mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar