Skip to main content

Tutorial Cara Membuat Tabel di Excel Mudah dan Cepat

Tutorial Membuat Tabel di Excel - Seseorang yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Excel. Apa itu Microsoft Excel? Microsoft Excel adalah suatu aplikasi untuk mengolah data. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh pekerja kantoran untuk menganalisa dan mengolah data. Tetapi di era sekarang bahkan di sekolah pun sudah diajari cara menggunakan Microsoft Excel.

Tutorial Cara Membuat Tabel di Excel Mudah dan Cepat

Sebenarnya ada cara cepat dan mudah untuk membuat sebuah tabel di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2017. Dengan menggunakan tabel maka akan mempermudah pekerjaan kita untuk mengolah dan menganalisa sebuah data nantinya. Contohnya untuk mengurutkan data, menyaring data, dan untuk mempermudah kita dalam penggunaan rumus atau formula Excel.

Microsoft Excel sendiri terdapat baris dan kolom seperti tabel. Untuk membuat tabel di excel sebenarnya mudah, tetapi orang yang awam dengan aplikasi ini pasti akan kesulitan untuk membuat tabel di microsoft excel, maka dari itu Masfavo akan berikan 2 tutorial untuk membuat tabel di excel dengan mudah. Dengan menggunakan sistem tabel data yang kalian masukan akan tersusun dengan baik sehingga data yang disajikan dapat dibaca dan dimengerti oleh para pembaca.

Pengertian Tabel Data di Excel

Tabel secara umum merupakan sebuah daftar yang mempunyai beberapa data atau informasi yang saling berkaitan. Data disini bisa berupa teks maupun angka yang tersusun secara sistematis pada sejumlah kolom dan juga baris sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti isinya.

Tabel di microsoft excel bisa dikatakan juga sebagai kumpulan baris dan kolom pada sebuah lembar kerja (worksheet).

Baca juga : Tutorial Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word Lengkap Satuan Ukurannya

Microsoft excel sendiri sudah memberikan alat ataupun fitur yang sangat powerfull yang digunakan untuk mengelompokkan data-data yang saling berkaitan dan membentuk sebuah informasi tabel data semacam ini.

Sebelum kita bahas cara membuat tabel pada Microsoft Excel. Masfavo akan memberikan beberapa manfaat yang akan kalian dapat dengan menggunakan format tabel excel.

Manfaat Menggunakan Tabel Excel

Mengapa tabel pada excel begitu penting? Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menggunakan tabel excel ini ? Berikut beberapa manfaat menggunakan tabel excel:
  1. Mempercantik tampilan, dengan menggunakan tabel ini kita dapat mendesain tabel yang kita buat sendiri.
  2. Data tersusun dengan baik dan sistematis
  3. Mudah untuk menambah data 

2 Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Cara membuat tabel pada Excel berikut ini bisa kalian gunakan di semua versi Microsoft Excel dan caranya memang hampir sama dengan cara membuat tabel di Microsoft Excel 2007. Begitu juga untuk versi terbaru seperti microsoft excel 2010, 2013, 2016, 2019 dan bahkan sampai 2020. Pada artikel ini Masfavo menggunakan microsoft excel 2016 untuk pembuatan tabel di excel. Langsung saja kalian simak dua cara untuk membuat sebuah tabel berikut ini :

1. Membuat Table dengan Insert Table

Membuat Table dengan Insert Table
  1. Buka aplikasi Microsoft Excel yang ada di PC kalian
  2. Blok pada halaman sesuai dengan jumlah kolom atau baris yang kalian inginkan
  3. Pilih tab Insert > lalu klik Table atau menggunakan shortcut dengan CTRL + L atau CTRL + T
  4. Maka akan muncul pop up, centang My Table has Headers
  5. Klik OK maka akan muncul tabel sesuai dengan jumlah baris dan kolom yang sudah kalian blok sebelumnya

2. Membuat Table dengan Menu Format as Table

Membuat Table dengan Menu Format as Table
  1. Buka Microsoft Excel
  2. Blok halaman sesuai jumlah kolom dan baris yang kalian butuhkan
  3. Pada tab Home > pilih Format as Table > Pilih desain tabel yang sesuai dengan kebutuhan kalian
  4. Lalu akan muncul pop up, centang saja My Table has Headers
  5. Klik OK untuk membuat tabel tersebut.
Mudah dengan adanya cara membuat tabel di excel tersebut kalian sudah bisa membuat tabel sendiri tanpa bantuan orang lain. Semoga yang Masfavo berikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sekian terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar