Skip to main content

Tutorial Mudah Cara Menyembunyikan Status Online di WA (WhatsApp)

Tutorial Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp - WhatsApp merupakan aplikasi chat / pesan instan populer yang sering digunakan oleh kebanyakan orang saat ini. Aplikasi WhatsApp di Google Playstore saja sudah terinstall dan digunakan lebih dari 1 miliar pengguna. Fitur-fitur yang diberikan oleh WhatsApp sendiri sangat beragam, apalagi ditambah dengan adanya update terbaru dimana pengguna bisa membuat story layaknya seperti instagram. Di salah satu fitur WhatsApp ada fitur online dimana orang lain bisa melihat kapan terakhir kali kalian membuka aplikasi WhatsApp begitu juga sebaliknya.

Tutorial Mudah Cara Menyembunyikan Status Online di WA (WhatsApp)

Para pengguna WhatsApp (WA) dapat mengetahui kapan teman kontak kita sedang online dengan fitur “Last Seen” atau terakhir dilihat. Fitur tersebut secara default sudah aktif otomatis. Walaupun begitu banyak dari pengguna yang ingin menyembunyikan bahkan menghilangkan status online di WhatsApp agar privasinya lebih aman, dan ada beberapa cara untuk menyembunyikan status online pada WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp juga selalu memperbarui inovasi terbarunya tentunya demi kenyamanan penggunanya dan kerap merilis fitur-fitur baru. Salah satu fitur pentingnya terdapat pada bagian setelan privasi WhatsApp. Semua ini demi keamanan serta kenyamanan, tidak sedikit pengguna WhatsApp menyembunyikan status online dengan menonaktifkan fitur Last Seen nya.

Baca Juga : 2 Cara Membuat Link WhatsApp Mudah dan Cepat

Banyak pengguna lebih suka jika status online / story hanya bisa dilihat oleh orang tertentu saja atau tidak sama sekali. Tenang saja, aplikasi WhatsApp sudah menyediakan fitur itu sehingga kalian bisa menyaring siapa saja yang bisa melihat story maupun status online kalian. Berikut ini cara menyembunyikan status online / story pada WhatsApp Android:

Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp dari Kontak / Teman

1. Cara Menyembunyikan Status Online melalui Setelan

1. Buka aplikasi WhatsAppnya.
2. Setelah masuk klik setelan (icon tiga titik) yang ada di pojok kanan atas.
3. Pilih akun.
Pilih akun / account

4. Pilih menu privasi, untuk mengatur privasi kalian.
Pilih menu privasi

5. Disana kalian akan melihat menu “Terakhir Dilihat”, klik saja.
klik menu Last Seen

6. Tentukan pilihan kalian, memilih “Tidak Ada” akan membuat semua orang tidak bisa melihat kapan terakhir kalian online, sedangkan “Kontak saya” berarti yang ada di dalam kontak hp kalian saja yang bisa melihatnya.
Baca Juga : Tutorial Cara Melihat Kode Batang (QR Code) WhatsApp Paling Mudah

2. Cara Menyembunyikan Status Online dengan Mematikan Koneksi

Cara yang ini bisa kalian gunakan jika kalian merasa cara yang pertama kurang membantu permasalahan kalian.
  1. Pada saat ada pesan masuk, dan kalian tidak ingin terlihat sedang online jangan langsung buka WA kalian.
  2. Matikan koneksi internet / Data.
  3. Kalian bisa menyalakan Airplane Mode / Mode Pesawat (Ini bersifat Opsional).
  4. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  5. Baca pesan yang masuk.
  6. Jika ingin membalas pesannya, tinggal ketik saja seperti biasa. Tetapi hal tersebut tidak akan mengirim pesan kalian karena koneksinya mati dan nanti jika koneksinya sudah dinyalakan pesan akan terkirim dengan sendirinya.
Mematikan status Terakhir dilihat / Last Seen membuat teman ataupun kontak kalian tidak bisa melihat kapan terakhir kali kalian membuka WhatsApp karena keterangan online di bawah nama kontak kalian akan hilang. Perlu kalian perhatikan juga dengan menonaktifkan fitur ini menyebabkan kalian tidak bisa mengetahui kapan teman maupun kontak tertentu terakhir kali online. Selain itu fitur ini juga masih terdapat kekurangan yaitu masih bisa mengetahui kontak tertentu sedang online apabila kalian membuka WhatsApp dalam waktu yang sama.

Cara Menyembunyikan Story pada WhatsApp

Cara Menyembunyikan Story pada WhatsApp
Hal ini akan membuat orang tertentu yang bisa melihat story yang ada di WhatsApp kalian. Caranya mudah dan hampir sama dengan menyembunyikan status online pada WhatsApp.
  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih ikon setelan (ikon titik tiga) berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu akun.
  4. Pilih privasi.
  5. Di bagian bawah ada menu “Status”, klik saja.
  6. Pilih opsi yang kalian inginkan, opsi “Kontak saya kecuali…” memilih siapa yang tidak boleh melihat story kalian, sedangkan “Hanya Bagikan” memilih siapa saja yang boleh melihat.

Cara Lain Untuk Menghilangkan Status Online di WhatsApp Android atau IOS :

Selain cara yang Masfavo berikan di atas ada cara lain lagi yang dapat kalian gunakan yaitu menghilangkan status online WhatsApp untuk menjaga privasi kalian secara penuh. Cara ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Berikut ini cara supaya status online di WhatsApp menghilang secara menyeluruh.

1. Menggunakan Aplikasi WhatsRemoved+

Menggunakan Aplikasi WhatsRemoved+
Menggunakan WhatsRemoved+, dengan menggunakan aplikasi ini status online di WhatsApp kalian bisa menjadi benar-benar menghilang. Caranya cukup mudah, setelah kalian instal aplikasi WhatsRemoved+, lalu ketika ada pesan masuk melalui WhatsApp, jangan kalian buka dahulu. Bacalah pesan WhatsApp kalian dengan menggunakan aplikasi WhatsRemoved+. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk membaca pesan saja, dan tidak bisa digunakan untuk membalas pesan WhatsApp.

2. Mematikan Fitur Laporan Dibaca atau Read Receipts

Mematikan Fitur Laporan Dibaca atau Read Receipts
Dobel centang biru berarti pesan kalian sudah terbaca. Untuk itu ada cara untuk menyembunyikannya dari orang lain, pengguna dapat menonaktifkan fitur Laporan Dibaca. Jadi ketika kalian menerima pesan dari teman ataupun orang lain dan membacanya, maka hanya akan muncul dobel centang berwarna abu-abu saja. Maka orang lain akan mengira pesannya belum dibaca oleh kalian.

Solusi: Klik Ikon titik tiga >> Masuk Setelan >> Klik Privasi >> Matikan “Laporan Dibaca”.

3. Baca & Balas Dengan Cepat Pesan WhatsApp

Baca & Balas Dengan Cepat Pesan WhatsApp
Cara tambahan ketiga supaya status online menjadi tidak terlihat setelah mematikan fitur Last Seen WhatsApp yaitu dengan membaca dan membalas pesan secara cepat. Perlu diingat, jika pengguna lain juga tidak sedang membuka WhatsApp ketika itu.

4. Memblokir Kontak Terdaftar di WhatsApp

Memblokir Kontak Terdaftar di WhatsApp
Nah cara terakhir ini bisa dibilang paling ekstrim yaitu dengan cara memblokir kontak WA. Langkah untuk memblokir kontak WA ialah Buka WhatsApp lalu klik ikon titik tiga setelah itu pada bagian pojok kanan atas >> pilih Setelan atau Setting >> klik menu Akun atau Account > pilih Privasi atau Privacy >> setelah itu pilih paling bawah Kontak terblokir >> klik tambah (+) >> cari dan pilih kontak di hp kalian yang ingin diblokir.

Bagaimana mudah bukan? Semoga dengan Tutorial Mudah Cara Menyembunyikan Status Online di WA (WhatsApp) ini kalian lebih bisa menyimpan privasi kalian dengan baik. Demikian artikel yang dapat Masfavo berikan, jangan lupa untuk bagikan juga ke teman-teman kalian siapa tahu juga membutuhkan cara ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar