Skip to main content

Tutorial Cara Melihat Kode Batang (QR Code) WhatsApp Paling Mudah

Cara Melihat Kode Batang / QR Code WhatsApp - Aplikasi chatting sangat diperlukan oleh semua orang untuk menyampaikan suatu informasi atau hanya untuk sekedar mengobrol. Di kehidupan sekarang tidak mungkin ada orang dewasa, remaja bahkan anak-anak yang tidak memiliki aplikasi chatting. WhatsApp adalah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan sekarang khususnya orang Indonesia. Orang luar negeri juga memiliki aplikasi WhatsApp untuk memberikan kabar informasi dan lain sebagainya.

Tutorial Cara Melihat Kode Batang (QR Code) WhatsApp Paling Mudah

Pada artikel kali ini yang akan Masfavo bahas yaitu kalian bisa menggunakan WA di web atau desktop dengan perangkat yang sama, jadi WA yang ada di HP bisa digunakan di web dan di desktop. Hal ini harus kamu lakukan karena sangat penting sekali dan memiliki dampak positif. Bayangkan misal saja HP kalian tertinggal di suatu tempat padahal kalian butuh sekali untuk mengkontak seseorang. Solusinya yaitu menyambungkannya ke versi dekstop dan web.

Aplikasi WhatsApp atau sering disebut WA ini memberikan jalan yang mudah bagi penggunanya dimanapun berada. Tahukah kamu kalau WA memiliki fitur QR Code yang bisa di scan / dipindai ? Dengan adanya fitur ini pengguna hanya harus memindai kode yang ada tanpa harus bersusah payah untuk mengakses WhatsApp. Aplikasi WhatsApp tidak hanya tersedia untuk smartphone saja, tetapi juga ada versi desktop dan versi webnya.

Jika kalian belum tahu, QR Code adalah kode batang dua dimensi yang memiliki bentuk / pola unik dan bervariasi. Disebut juga dengan istilah barcode, kode batang, atau kode QR dalam bahasa Indonesia.

Selain pada WhatsApp, fungsi kode QR juga banyak digunakan oleh pihak / aplikasi lain dengan tujuan tertentu, karena kode QR memiliki kemampuan untuk menyimpan data-data seperti nomor telepon, URL, teks, dll.

Baca Juga : Tutorial Mudah Cara Menyembunyikan Status Online di WA (WhatsApp)

Selain itu aplikasi WhatsApp juga memiliki beberapa kelebihan yaitu aplikasinya ringan, ramah iklan / tidak ada iklan, sudah terupgrade baik akun personal maupun akun bisnis serta banyak digunakan oleh para pebisnis / penjual online dengan menggunakan fitur auto text di WA ini untuk transaksi dengan pembelinya.

Aplikasi WhatsApp bisa digunakan menggunakan laptop / komputer dengan 2 cara yaitu berbasis Web browser dan juga bisa menggunakan WA Desktop yang bisa diinstall langsung pada laptop / PC tentunya hal ini memudahkan penggunanya agar dapat mengakses akun WhatsApp meskipun sedang tidak menggunakan handphone / ponsel. Dengan syarat handphone yang terinstall WA juga harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Jadi ketika kalian akan mengakses ke akun WhatsApp dari komputer dan kalian punya laptop / komputer lain yang sudah terhubung sebelumnya tidak bisa digunakan untuk akses WA secara bersamaan. Salah satu perangkat harus diputuskan / disconnect terlebih dahulu dan kalian harus mengaktifkan salah satunya untuk bisa mendapat hak akses.

Fungsi Kode QR / QR Code pada Aplikasi WhatsApp

QR Code atau kode batang, dulu juga sudah pernah digunakan oleh aplikasi chatting BBM (Blackberry Messenger), dan biasanya kita gunakan untuk scanning kode pin BBM orang lain, agar tidak perlu repot-repot untuk memasukkan pin secara manual.

Juga biasanya digunakan oleh pihak lain seperti yang sudah Masfavo jelaskan sedikit di atas untuk tujuan tertentu. Misalnya menyimpan URL di dalamnya. Jadi dengan memindai kode QR tersebut, kalian akan dibawa ke halaman web tertentu.

Lantas, apa sih fungsi kode QR ini di aplikasi WhatsApp?

Fungsi QR Code / Kode QR di WhatsApp ini yaitu untuk memudahkan dalam membuka akun WA kita melalui WhatsApp Web browser di komputer atau laptop.

Dengan QR Code tersebut, kalian bisa menggunakan WhatsApp tanpa harus membuka smartphone sekalipun. Karena, kita bisa mengakses akunnya melalui laptop.

Hal ini pastinya sangat bermanfaat dalam banyak hal. Contohnya, ketika baterai HP sudah mau habis. Sedangkan HP dicas, kalian tetap bisa membuka WA melalui laptop, dan melakukan chat seperti biasa.

Cara Melihat Kode QR WhatsApp di Komputer atau Laptop

Cara Melihat Kode QR WhatsApp di Komputer atau Laptop

1. Cara Melihat Kode QR melalui Web Browser

  1. Buka Laptop / PC kalian, pastikan sudah terkoneksi dengan koneksi internet
  2. Buka browser kalian, saya sarankan pakai google chrome
  3. Masuk ke web WA https://web.WhatsApp.com/
  4. Lalu kalian akan di sodorkan kode batang QR

2. Cara Melihat Kode QR melalui Smartphone Android

  1. Buka browser pada HP kalian, saya sarankan pakai chrome
  2. Setelah masuk, masuk ke menu (icon titik-titik 3) berada di pojok kanan atas
  3. Centang Situs Desktop / Desktop Site
  4. Buka web WA https://web.WhatsApp.com/
  5. Maka akan muncul kode QR

Cara Scan / Memindai Kode Batang (QR Code) di PC atau Laptop

Saat kalian sudah mendapatkan kode QRnya, saatnya kalian memindai kode QRnya.
  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP kalian
  2. Setelah masuk, masuk ke menu (icon titik-titik 3) berada di pojok kanan atas
  3. Pilih WhatsApp Web
  4. Tinggal kalian pindai saja kode yang sudah diberikan tadi
Cara Scan / Memindai Kode Batang (QR Code) di PC atau Laptop

Sekian informasi mengenai kode QR pada WhatsApp. Sekarang, kalian sudah paham fungsi dari kode QR alias QR Code WA, serta bagaimana cara menggunakan-nya.

Dengan adanya artikel Tutorial Cara Melihat Kode Batang (QR Code) Whatsapp Paling Mudah, Masfavo harap bisa membantu kalian yang ingin mengetahui mengenai kode QR pada WhatsApp, bagaimana menggunakan WA tanpa HP, atau cara login WA di perangkat lain selain HP seperti komputer / laptop misalnya. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar