Skip to main content

7 Tutorial Ampuh Cara Memperbaiki HP Mati Total dengan Mudah

7 Tutorial Ampuh Cara Memperbaiki HP Mati Total - Pernahkah kalian mengalami HP mati total? Jika tidak maka bersyukurlah kalian. Baru-baru ini HP Masfavo pernah mengalami mati total tetapi berhasil Masfavo perbaiki sendiri tanpa harus membawanya ke konter terdekat. HP mati total tidak pernah mengenal itu HP mahal atau tidak, apapun bisa terjadi karena yang namanya benda elektronik yang sering digunakan akan terus berkurang usianya. Faktor terjadinya HP mati total sangatlah banyak, ada yang Hpnya terbanting sehingga komponen yang di dalamnya rusak atau terjatuh di genangan air yang membuat sistemnya konslet.

7 Tutorial Ampuh Cara Memperbaiki HP Mati Total dengan Mudah

Tidak usah panik teman-teman dan tidak usah terburu-buru untuk membawanya ke service center. Mungkin saja kalian bisa memperbaiki sendiri HP Android / Smartphone kalian yang mati total tanpa harus mengeluarkan biaya. Beberapa cara yang telah Masfavo paparkan ini benar-benar ampuh karena Masfavo juga pernah mengalami hal yang sama dan berhasil. Simak tips cara memperbaiki HP mati total ini dengan baik.

Berikut 7 Tips Cara Mengatasi HP Mati Total :


1. Charge / Isi Daya HP Terlebih Dahulu

Charge / Isi Daya HP Terlebih Dahulu

Tentunya HP yang tidak ada dayanya tidak akan menyala, maka langkah yang paling benar ketika HP mati total yang dengan mengisi dayanya terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan karena bisa saja kalian lupa mengecas HP Smartphone kalian ketika kalian tertidur pada saat baterai low atau HP jarang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Isi daya HP kalian setidaknya sekitar 30 menit-an. Setelah itu kalian coba nyalakan tombol powernya dan tunggu apakah HP kalian menyala atau tidak.

Baca Juga : 7 Tips Ampuh Cara Mengatasi HP Android Lemot Menjadi Cepat

2. Melepas Semua Komponen HP

Melepas Semua Komponen HP

Dengan melepas semua komponen HP kalian bisa mengecek bagian-bagian mana saja yang rusak, HP mati total karena terbentur bisa jadi membuat komponen yang di dalam HP tergores atau bahkan patah. Lepas semua dan cek pada bagian SIM Card, Baterai, Kartu Memori. Cara ini ampuh sekali ternyata, dengan melepas semua komponen membuat aliran listrik berhenti. Setelah dilepas semua jangan langsung dipasang lagi tetapi tunggu sekitar 10-15 menitan. Sambil menunggu kalian bisa membersihkan komponen-komponennya. Setelah itu silahkan di pasang lagi dan dinyalakan HP kalian.

3. Gunakan Baterai Baru / Baterai Lain

Gunakan Baterai Baru / Baterai Lain

Gunakan Baterai HP yang sesuai, jangan baterai laptop karena tidak sesuai hehe. Disini untuk mengecek apakah HP lama yang kalian yang mengalami kerusakan atau tidak. HP yang terlalu sering digunakan atau bahkan jika kalian pernah mengecas HP sambil menggunakan HP tersebut membuat HP kalian terasa panas sehingga baterai sering terkena suhu panas yang tinggi tidak akan bisa bertahan lama.

4. Flashing Ulang HP menggunakan PC

Flashing Ulang HP menggunakan PC

Dengan memflashing HP, kalian akan memperbaiki / mengganti sistem HP Smartphone yang rusak menjadi normal kembali semula. Cara ini bisa digunakan menggunakan PC kalian dan software yang sudah tersedia di google. Nah tapi hati-hati pada saat kalian memflashing ulang HP kalian karena masing-masing HP Android memiliki cara flashing yang berbeda-beda, nah jadi kalian harus cari sendiri tutorialnya yang sesuai dengan sistem dan chipset HP Android kalian.

5. Lakukan Pembersihan Wipe System Data dan Cache

Lakukan Pembersihan Wipe System Data dan Cache

Cara ini bisa digunakan untuk HP yang tidak mati total dengan masuk ke sistem recovery. Android menciptakan system recovery untuk memulihkan sistem yang ada pada HP Android. Dengan cara ini otomatis data-data yang terinfeksi virus / data yang corrupt bisa dihapus dengan cara ini.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Tekan Power + Volume UP + Volume Down secara bersama-sama dan tunggu hingga masuk ke sistem recoverynya
  2. Carilah menu WIPE
  3. Lalu pilih WIPE CACHE dan WIPE DATA
  4. Matikan HP kalian
Baca juga : 3 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Bootloop Mudah dan Lengkap

6. Factory Reset / Reset Pabrik

Factory Reset / Reset Pabrik

Cara melakukan Factory Reset sama seperti pada poin ke 5 yaitu masuk ke dalam sistem recovery. Cara ini khusus bagi HP kalian yang bisa menyala walaupun cuma sebentar. Nah, factory reset akan membuat sistem HP Android kalian kembali ke settingan pabrik / settingan pada saat kalian pertama kali beli Handphone. Jangan lupa untuk membackup semua data yang penting sebelum melakukan hal ini.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Tekan Power + Volume UP + Volume Down secara bersama-sama
  2. Cari Factory Reset
  3. Matikan HP kalian

7. Bawa HP ke Tukang Servis / Service Center

Bawa HP ke Tukang Servis / Service Center

Jika semua cara diatas sudah dilakukan dan tetap tidak bisa, langsung bawa ke ahlinya ahli dan intinya inti yaitu tukang servis HP Android. Mungkin saja kerusakan yang terjadi HP Android kalian sangat fatal dan hanya orang yang sudah ahli di dalam bidangnya yang bisa menyelesaikan masalah kalian. Kenapa begitu? Karena service center juga memiliki alat-alat / software khusus yang tidak dimiliki banyak orang. Semoga saja cara terakhir ini bisa menyelamatkan HP kalian sehingga kalian tidak perlu membeli HP baru.

Sekian 7 Tutorial Ampuh Cara Memperbaiki HP Mati Total dengan Mudah ini semoga tutorial yang telah masfavo.com paparkan dapat bermanfaat dan mudah dipahami untuk kalian, jika suka dengan artikel ini jangan lupa like dan share ya guys. Terima Kasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar