Skip to main content

Pengertian, Jenis dan Cara Memperbaiki HP Bootloop pada Android

Pengertian, Jenis dan Cara Memperbaiki HP Bootloop pada Android - Pada artikel kali ini Masfavo akan membagikan tips lagi yaitu cara mengatasi HP bootloop yang paling mudah dan pasti berhasil. Namun, sebelum lanjut ke topik permasalahan bagaimana cara mengatasi HP bootloop, Masfavo akan menjelaskan pengertian apa itu bootloop.

Pengertian, Jenis dan Cara Memperbaiki HP Bootloop pada Android

Mungkin dari kalian sendiri ada yang sudah tau apa itu bootloop? Bagi yang belum paham, bootloop itu kondisi dimana smartphone / handphone Android kalian gagal masuk ke dalam sistem operasi Android.

Ciri-ciri smartphone / handphone kalian sedang mengalami bootloop yaitu ketika dinyalakan, smartphone kamu hanya menampilkan logo vendor/brand atau Android secara berulang-ulang.

Android sendiri dinilai sebagai sistem operasi yang paling laris dan juga mudah penggunaannya. Selain itu, smartphone dengan sistem operasi Android memungkinkan penggunanya untuk mengkostumisasikan dan mempersonalisasikan sesuai dengan pengguna inginkan.

Baca juga : 7 Tutorial Ampuh Cara Memperbaiki HP Mati Total dengan Mudah

Namun, selain memiliki kelebihan, sistem operasi ini juga memiliki kekurangan salah satunya adalah bootloop.

Pengertian Apa itu Bootloop?

Bootloop itu adalah suatu masalah yang terjadi pada HP Android dimana adanya kerusakan sistem yang mengakibatkan kita tidak bisa masuk ke dalam sistem Android. Ciri-ciri Android bootloop hanya akan menampilkan logo Android secara terus menerus yang membuat kalian tidak bisa menggunakan HP kalian. 

Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa melakukan beberapa cara yang mudah. Mengatasi masalah bootloop pada HP Android pun sangat beragam dan berbeda-beda sesuai dengan perangkat yang kalian pakai. Bukan itu saja, jenis bootloop juga dibagi menjadi 3 ada light bootloop, medium bootloop, dan hard bootloop.

Jenis-Jenis Bootloop pada Android :

Jenis-Jenis Bootloop pada Android

1. Android Light Bootloop / Bootloop Ringan

Light bootloop termasuk bootloop yang paling ringan sesuai dengan namanya. Pada saat light bootloop, terkadang HP kalian bisa memasuki sistem dan kadang tidak. Biasanya hal tersebut hanya bersifat sementara lalu HP kalian akan mengalami lag dan restart lagi. Light bootloop disebabkan karena banyaknya aplikasi atau bahkan kalian pernah bermain game yang terlalu berat untuk HP Android kalian.

Solusi dan cara mengatasinya: Melepas semua komponen HP seperti Baterai, SIM Card, Memory Card dan tunggu beberapa saat lalu bisa dipasang kembali dan dinyalakan lagi. 

2. Android Medium Bootloop / Bootloop Sedang

Medium bootloop yaitu bootloop yang berada di tingkat menengah yang gejalanya dikarenakan pengguna mengubah-ubah sistem android yang ada di dalamnya seperti melakukan rooting, memodifikasi, dan lain sebagainnya. Jadi HP kalian yang sudah pernah di root berhati-hatilah karena besar kemungkinan Medium bootloop akan terjadi.

Solusi dan cara mengatasinya: Melakukan recovery atau pemulihan ulang. Misalnya HP kalian terjadi bootloop karena pada saat melakukan rooting, nah kalian harus bisa memulihkan HP kalian dengan meminta file recovery ke HP Android teman kalian yang belum pernah di root, pastikan tipe android yang digunakan sama dengan HP kalian atau pada saat kalian ingin rooting, kalian bisa mem-backup dulu datanya sehingga pada saat bootloop kalian bisa merecovery menggunakan data lama.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Bootloop Mudah dan Lengkap

3. Android Hard Bootloop / Bootloop Parah

Hard Bootloop adalah bootloop yang memiliki tingkat kesusahan yang paling tinggi dan terparah. Hard bootloop bisa terjadi dikarenakan sang pengguna pernah mengoprek file yang mengakibatkan kerusakan pada sistemnya. 

Solusi dan cara mengatasinya: Kalian bisa mem-flashing ulang HP kalian menggunakan software khusus yang sesuai dengan perangkat android kalian. Cara ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena memiliki smartphone yang berbeda memiliki penyelesaian yang berbeda juga.

Bagaimana guys mudah bukan? Jadi nggak perlu khawatir ketika smartphone atau handphone Android kalian mengalami bootloop. Kalian bisa mengatasinya sendiri kok. Semoga artikel mengenai Pengertian, Jenis dan Cara Memperbaiki HP Bootloop pada Android ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar