Skip to main content

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC Mudah dan Lengkap (Windows 7,8, 10)

Cara Uninstall / Menghapus Aplikasi di Laptop dan PC Lengkap (Windows 7,8, 10) - Semua orang yang memiliki Laptop atau PC pasti memiliki aplikasi di dalam perangkatnya. Aplikasi ini bisa berupa software atau game. Tidak mungkin ada orang yang memiliki Laptop / PC tetapi di dalamnya tidak ada software / game apapun. Masing-masing aplikasi memiliki manfaatnya sendiri sehingga tidak semua orang memiliki aplikasi yang sama karena tergantung pada kebutuhannya masing-masing.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC Mudah dan Lengkap (Windows 7,8, 10)

Untuk memasang / menginstall suatu aplikasi di laptop atau PC relatif sangat mudah dan pasti kalian juga sudah paham, apalagi sekarang jika kalian ingin menginstall suatu aplikasi pasti sudah ada panduannya untuk menginstall supaya aplikasinya bisa dijalankan dengan benar.

Namun, semakin banyak kita memasang dan menginstall aplikasi dan game di PC / laptop sama artinya dengan membebani kinerja PC dan laptop kalian, sehingga sistem menjadi lebih berat. Maka jangan heran bila PC maupun laptop kalian menjadi semakin lambat karena banyaknya aplikasi dan game yang terpasang. Hal inilah yang dapat menghambat produktivitas kita saat menggunakan laptop / PC. Selain itu aplikasi dan game yang tidak berguna juga dapat menghabiskan penyimpanan internal / hard disk.

Apa Akibatnya Jika Ruang Penyimpanan Hard Disk Laptop / PC Penuh?

Ruang penyimpanan atau hard disk laptop / PC yang penuh akan menimbulkan banyak masalah seperti menurunnya kinerja laptop / PC serta biasanya hard disk yang penuh akan memunculkan peringatan “Low Disk Space” yang menandakan bahwa ruang penyimpanan kalian sudah sangat sedikit. Berikut ini Masfavo akan menjelaskan tiga akibat yang akan terjadi jika hard disk atau penyimpanan laptop/PC penuh.

1. Sistem Crash / Hang

Selain membuat sistem komputer menjadi lambat, laptop dan PC kalian juga akan sering mengalami crash (freeze atau macet) sehingga sistem komputer tidak bisa digunakan dan harus kalian restart. Hal ini terjadi ketika tidak ada ruang kosong yang tersisa di hard disk. Sistem pada komputer membutuhkan sejumlah ruang kosong dalam hard disk yang digunakan sebagai virtual memory untuk menyimpan data secara sementara ketika RAM sedang penuh. Maka dari itu, sistem akan crash saat hard disk kehabisan ruang di dalam sistem.

2. Gagal Memasang dan Update Pembaruan pada Aplikasi atau Program

Ketika kekurangan ruang penyimpanan maka kalian tidak bisa memasang / menginstall aplikasi maupun game ke dalam sistem. Selain itu ketika akan melakukan pembaruan pada aplikasi maupun sistem maka akan akan gagal karena hard disk sudah penuh.

3. Kerusakan Data / Kehilangan Data

Kalian juga akan mengalami kerusakan data atau data corruption bahkan kehilangan data saat ruang penyimpanan pada hard disk sudah penuh. Misal, saat kalian sedang membuka sebuah file lalu sistem tiba-tiba crash karena ruang penyimpanan tidak cukup, maka ada kemungkinan file tersebut akan disimpan dalam bentuk yang rusak.

Dengan menghapus pemasangan semua aplikasi dan game yang tidak berguna dan jarang digunakan, maka dapat meningkatkan performa sistem pada laptop / PC kalian. Selain aplikasi atau program, kalian juga bisa menghapus file-file sampah yang sudah menumpuk. Dengan begitu ruang penyimpanan laptop/PC kalian bisa lebih bersih. 


Sangat mudah untuk menghapus ataupun meng-uninstall sebuah aplikasi / program di laptop atau PC. Kalian bisa menggunakan fitur bawaan laptop ataupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk menghapusnya.

Bagi kalian yang masih belum mengetahui bagaimana cara uninstall/menghapus aplikasi atau program di PC dan laptop, kali ini Masfavo akan menjelaskan secara singkat, Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC Secara Mudah dan Lengkap untuk semua Windows. Yuk kita simak beberapa cara yang akan Masfavo bagikan ini.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop / PC Menggunakan Fitur Bawaan

Masfavo akan menjelaskan beberapa cara untuk menghapus aplikasi di PC atau laptop yang dapat kalian gunakan. Yuk langsung simak cara mudah melakukannya untuk masing-masing versi Windows.

1. Windows 10

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop / PC pada Windows 10
Kalian bisa menggunakan tiga cara untuk menghapus aplikasi pada versi Windows 10 ke atas. Berikut ini merupakan cara yang dapat kalian gunakan.

Cara 1: Melalui Menu Start

  • Tekan tombol Windows Key atau pilih menu Start di bagian kiri bawah tampilan.
  • Sesudah masuk ke menu Start, cari program atau aplikasi Windows Store yang ingin kamu hapus.
  • Arahkan mouse pada aplikasi yang dipilih, klik kanan, lalu pilih Uninstall.
  • Jika aplikasi yang kamu cari tidak ada di menu Start, klik menu drop-down di bagian kiri bawah tampilan untuk menuju daftar lengkap aplikasi dan program yang terpasang.
  • Kamu bisa menggeser mouse ke kiri dan kanan untuk menemukan aplikasi yang ingin dihapus.
  • Terakhir, arahkan mouse pada ikon aplikasi, dan pilih Uninstall.

Cara 2: Melalui PC settings

  • Pertama, pilih menu Start, lalu klik PC Settings pada tampilan menu utama.
  • Kedua, setelah tampilan PC settings terbuka, klik Search and Apps, lalu pilih App sizes.
  • Lalu, setelah sistem selesai memuat, di sana akan tampil daftar aplikasi Windows Store yang kalian install.
  • Terakhir, pilih aplikasi yang ingin kalian hapus, lalu klik Uninstall.

Cara 3: Melalui Control Panel

  1. Pertama, klik kanan pada menu Start.
  2. Lalu, pilih opsi Program and Features pada bagian atas.
  3. Terakhir, cari program yang ingin dihapus, klik kanan, lalu pilih Uninstall/Change.

2. Windows 8 dan 8.1

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop / PC pada Windows 8
Kalian juga bisa menggunakan ketiga cara untuk menghapus aplikasi Windows 10 di atas untuk versi Windows 8 dan 8.1. tetapi, terdapat sedikit perbedaan untuk setiap caranya.

Cara 1: Melalui Menu Start

  • Tekan tombol Windows Key atau pilih menu Start di bagian kiri bawah tampilan.
  • Lalu akan masuk ke menu Start, cari program atau aplikasi Windows Store yang ingin kalian hapus.
  • Kemudian arahkan mouse pada aplikasi tersebut, klik kanan, lalu pilih Uninstall.
  • Jika aplikasi yang kalian cari tidak ada di menu Start, klik menu drop-down di bagian kiri bawah tampilan untuk menuju daftar lengkap aplikasi dan program yang terpasang.
  • Kalian bisa menggeser mouse ke kiri dan kanan untuk menemukan aplikasi yang ingin dilenyapkan.
  • langkah akhir, arahkan mouse pada ikon aplikasi, lalu pilih Uninstall.

Cara 2: Melalui PC settings

  • Pertama, pilih menu Start, lalu klik opsi PC Settings di tampilan menu utama.
  • Maka tampilan PC settings akan terbuka, klik Search and Apps, lalu App sizes.
  • Setelah sistem selesai memuat, di sana akan terpampang daftar aplikasi Windows Store yang kalian install.
  • terakhir, pilih aplikasi yang ingin kalian hapus, lalu klik Uninstall.

Cara 3: Melalui Control Panel

  • Pertama, klik kanan pada menu Start.
  • Kemudian pilih opsi Program and Features di bagian atas.
  • Terakhir, cari program yang ingin dihapus, klik kanan, lalu pilih Uninstall/Change.

3. Windows 7

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop / PC pada Windows 7
Pada Windows 7 kalian bisa menghapus aplikasi melalui menu Control Panel (hampir sama dengan versi Windows 8, 8.1, dan 10). Yuk langsung simak langkah-langkahnya.
  • Pilih tombol Start.
  • Pilih Control Panel.
  • Pilih Programs.
  • Pada bagian bawah Programs and Features, scroll untuk menemukan program yang ingin kalian hapus.
  • Pilih program lalu pilih Uninstall.

Cara Alternatif Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain yang dapat kalian gunakan selain menggunakan fitur bawaan, kalian juga bisa uninstall aplikasi di komputer atau laptop menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menjaga performa komputer yang bisa kalian unduh dan pasang secara gratis. Salah satunya yang paling populer dan Masfavo pakai yaitu CCleaner.

Cara Alternatif Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga CCleaner

Aplikasi ini dikembangkan oleh Piriform Ltd. yang menawarkan empat fitur utama, yaitu Cleaner, Registry, Tools, dan Options. Salah satu fitur yang terdapat pada menu Tools adalah Uninstall, yang berarti kalian bisa menghapus program atau aplikasi Windows Store yang dianggap kurang bermanfaat.

Berikut ini langkah-langkah menghapus aplikasi menggunakan CCleaner.
  • Buka aplikasi CCleaner (unduh di sini).
  • Kemudian pilih menu Tools, lalu pilih Uninstall.
  • Cari program atau aplikasi yang ingin dihapus.
  • Terakhir, Pilih atau klik kanan aplikasi tersebut, dan pilih Uninstall.
Jika proses penghapusan semua aplikasi yang tidak berguna selesai, kalian juga dapat menggunakan fitur CCleaner lainnya, seperti Cleaner, untuk membersihkan semua file sampah yang menumpuk pada sistem. Dengan begitu, kalian bisa menghemat lebih banyak ruang penyimpanan untuk data-data yang lebih penting.

Demikianlah Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC Mudah dan Lengkap sampai ke akar-akarnya sehingga tidak lagi tersisa di dalam PC / Laptop kalian. Semoga dengan adanya cara tersebut kalian bisa menghapus aplikasi maupun software sendiri tanpa bantuan orang lain. Sekian dan terima kasih.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar